Pendidikan di harapkan mampu membentuk aqidah yang kuat, budi pekerti, akhlak mulia, mengembangka kecerdasan intelektual, dan keterampilan sehingga siap hidup di zamannya. Sistem pendidikan di SMP Al Falah Surabaya meliputi item dasar (dasar pendidikan, tujuan pendidikan, peserta didik), item proses, item lingkungan dan item hasil.
A. Item dasar
v Dasar pendidikan
Nilai-nilai yang mendasari penyelenggaraan pendidikan SMP Al Falah Surabaya berusaha beriringan antara undang-undang pendidikan Nasional dengan Al Qur’an dan Hadist.
v Tujuan pendidikan
Tujuan pendidikan SMP Al Falah Surabaya mengacu pada tujuan umum pendidikan nasional, visi dan misi sekolah sebagai berikut:
1. Terwujudnya kegiatan dakwah melalui pendidikan di semua kegiatan sekolah.
2. Terwujud kesadaran dalam beribadah pada semua siswa.
3. Terwujudnya siswa-siswa yang berprestasi sesuai bakat dan potensi yang dimiliki.
4. Terlaksananya standarisasi dalam pengembangan sistem pembinaan akidah dan akhlak.
5. Mencapai standar proses pembelajaran salat dan Al Quran meliputi: perangkat pembelajaran, pendekatan/metode pembelajaran individual atau klasikal, sistem evaluasi.
6. Memiliki model pengembangan percontohan pembelajaran berorientasi life skills, meliputi: Model integrasi life skills ke mata pelajaran, CD pembelajaran, sistem penilaian.
7. Menjadi model standar pengelolaan sekolah yang meliputi kurikulum, kesiswaan, pembelajaran, sarana dan prasarana, keuangan dan SDM.
8. Memiliki model pembinaan prestasi akademis, meliputi: keorganisasian, sistem seleksi, pembinaan, dan pelaporan.
9. Mengembangkan model kegiatan ekstrakurikuler yang berbasis MI (Multiple intelligence).
10. Mengembangkan pola integrasi nilai-nilai Islam, pendidikan karakter, dan life skill pada pembelajaran.
11. Mengembangkan model-model pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, entertaining, dan menarik.
12. Menyiapkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global.
v Peserta didik
Menurut Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu. Peserta didik SMP Al Falah Surabaya sebagian besar berasal dari SD Al Falah Surabaya, Mereka sudah mengenal nama, karakter dan kebiasaan yang di lakukan. Membuat mereka lebh mudah untuk beradaptasi, berkomunikasi, namun terus untuk di pacu berkompetisi agar meraih prestasi sehingga menjadi kebanggaan diri dan orang disekitarnya. Bagi siswa yang bukan dari SD Al Falah, keberadaan mereka secara minoritas justru tidak menjadi beban, malah akan memberikan pembeda yang mampu mewarnai lingkungan di sekitarnya. Kesempatan untuk berkompetisi dan berprestasi bukan hanya untuk golongan tertentu tapi merata, sehingga harus siap berlomba menggapai juara meraih masa depan
B. Item Proses
Proses pendidikan merupakan kegiatan mobilisasi segenap item pendidikan oleh pendidik yang terarah kepada pencapaian tujuan pendidikan. Proses pendidikan di SMP Al Falah dimulai dengan terlatihnya pendidik dan tenaga kependidikan oleh pimpinan sekolah, pimpinan lembaga pendidikan Al Falah, dinas pendidikan, dan lembaga swasta yang terkait agar mampu memberikan pengajaran, merencanakan dan melaksanakan administrasi, pengelolaan, pengembangan, pengawasan, dan pelayanan teknis untuk menunjang proses pendidikan pada satuan pendidikan. Berikut diberlakukannya kurikulum nasional yang berintegrasi dengan nilai-nilai Islam, sehingga setiap materi yang di berikan tidak lepas dari Al Qur’an dan Hadist. Penggunaan fasilitas sekolah berupa sarana dan prasana mampu memberikan kenyamanan pada peserta didik, guru dan orang tua siswa. Pencatatan atas segala kegiatan administratif yang terekam dengan baik, sehingga memudahkan orang tua siswa, siswa dan pengguna layanan untuk mengakses. Penggunaan anggaran yang mampu mengcaver segala kegiatan membuat SMP Al Falah di kenal dan diminati oleh siswa dan orang tua.
C. Item Lingkungan
Ki Hajar Dewantara dikenal sebagai pahlawan pelopor pendidikan di Indonesia. Salah satu gagasan beliau adalah Tri Sentra Pendidikan (Tiga Pusat Pendidikan), yang menerangkan bahwa pendidikan berlangsung di tiga lingkungan yaitu, keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiganya memiliki peran di dalam proses pendidikan, serta saling mengisi dan memerkuat satu dengan yang lainnya. Tanggung jawab pendidikan tidak hanya pada pemerintah semata, namun termasuk juga keluarga dan masyarakat. Hadirnya keluarga yang harmonis dan saling suport akan membawa dampak pada sikap siswa di sekolah dan masyarakat. Hadirnya aturan sekolah yang ramah anak membuat orang tua tenang, dan anak nyaman disekolah sehingga mampu berkembang dengan optimal. Hadirnya lingkungan masyarakat sekitar yang sosialis, agamis, kreatif, inovasi, membuat anak menikmati sehingga muncul ide-ide yang up to date.
D. Item Hasil
Item hasil pada sistem pendidikan adalah output/ hasil keluaran/ lulusan dari proses yang terjadi. Lulusan SMP Al Falah diharapkan mampu memberikan nilai-nilai
kehidupan bagi dirinya, lingkungan, dan Tuhannya. Lulusan yang secara menyeluruh mampu menyeimbangkan akidah dan tuntutan zaman. Lulusan yang mampu menjadi leader yang memberikan warna agama dan mengikuti perkembangan zaman (pembinaan lembaga, tapel 22-23)