Kunjungi Web Kami : Kantor Pusat | KB-TK | SD | SMP Surabaya | SMP Deltasari

Menumbuhkan Karakter, Minat dan Bakat Siswa melalui Ekstrakurikuler

Awesome Image

Menumbuhkan Karakter, Minat dan Bakat Siswa melalui Ekstrakurikuler

Ayuni Mardiyatuh Imamah – Guru Bahasa Inggris

SMP Al-Falah Surabaya

 

Kegiatan Ekstakurikuler atau biasa disebut Ekskul, merupakan wadah bagi siswa dan siswi untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Maka dari itu tidak heran jika kegiatan Ekskul ini sangat ditunggu oleh siswa dan siswi, karena mereka akan banyak mendapatkan ilmu, menyalurkan dan mengasah bakatnya. Kegiatan Ekstrakulikuler di SMP Al-Falah Surabaya ini bermacam – macam ada yang bersifat Pendidikan, Teknologi, Olahraga, Kuliner dan masih banyak lainnya.Kegiatan di masing-masing ekskul pun tidak hanya berhenti pada pembelajaran di kelas bersama dengan teman eksul yang sama, tetapi ada juga pembelajaran di luar kelas. Seperti ekstrakurikuler Tata Boga yang pernah melakukan kegiatan “Cooking Class” di Hotel Grand Darmo Surabaya.

Kegiatan ini dilakukan bersama dengan Chef Heru Atmadji yang merupakan koki dari Hotel Grand Darmo. Dengan mencoba masakan dengan menu Western (Chicken Steak Mushroom Sauce), siswi SMP Al- Falah Surabaya mendapatkan banyak ilmu baru dari kegiatan Cooking Class ini yang mana ilmu ini bisa sangat berguna untuk terus mengasah bakat mereka.

Tidak hanya ekskul Tata Boga saja, ada juga ekskul basket dan futsal yang mengadakan latihan gabungan dengan sekolah lain. Dengan kegiatan seperti ini, siswa-siswi bisa lebih terasah bakatnya dalam bidang olahraga juga kesiapan mental mereka untuk bertanding nantinya. 

Saat latihan gabungan kegiatan yang dilakukan tidak hanya mendengarkan teori, tetapi mereka mencoba langsung praktik di lapangan, sehingga Mereka akan mendapatkan pengetahuan tentang apasaja yang harus disiapkan ketika akan bertanding, baik futsal ataupun basket. 

Karena mereka bisa saling bertukar pengalaman dan ilmu untuk terus memperbaiki dan mengembangkan kemampuan mereka. Tidak hanya dengan masing-masing pelatih, tetapi juga dengan teman-teman dari sekolah lain.

Kegiatan belajar di luar juga dilakukan oleh siswa-siswi dari eksul Fotografi dan Desain Grafis. Mereka melakukan kunjungan ke Stasiun TV di Surabaya. Dengan tujuan meningkatkan kemampuan siswa-siswi pada bidang pertelevisian. Kunjungan yang dilakukan yaitu di Stasiun TV MNCTV dan JTV. 

Siswa dan siswi terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, karena sesuai dengan minat dan bakat mereka sehingga banyak sekali ilmu yang mereka ingin tahu. Kegiatan ini tidak hanya mendengarkan narasumber berbicara, siswa dan siswi SMP Al-Falah Surabaya juga di ajak untuk berkeliling gedung Stasiun TV tersebut.

Mereka juga diajak untuk mencoba melakuakn kegiatan yang biasa dilakukan di stasiun TV, seperti membaca berita dan kegiatan lainnya. Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler,  SMP Al-Falah Surabaya berupaya untuk membentuk karakter siswa sesuai dengan bakat dan minat siswa itu sendiri. Sebuah karakter digambarkan sebagai sifat manusia pada umumnya, di mana manusia mempunyai banyak sifat yang tergantung dari faktor kehidupannya sendiri. Melalui kegiatan ekskul, siswa-siswi dapat menumbuhkan sikap cinta Kepada Allah, toleransi, bertanggung jawab, displin, menghargai sesama, menghargai waktu, gotong royong, rela berkorban dan sebagainya. Siswa-siswi SMP Al-Falah Surabaya diharapkan bisa menyadari pentingya kegiatan ekskul, sehingga dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik demi menjadi pribadi yang berakhlak mulia, seperti jargon SMP Al-Falah Surabaya “Mulia akhlaknya, Unggul prestasinya”.

Prev Next

Komentar

Belum ada komentar, jadilah pertama untuk berkomentar

Tinggalkan Komentar



keyboard_arrow_up