Kunjungi Web Kami : Kantor Pusat | KB-TK | SD | SMP Surabaya | SMP Deltasari

”RAMADHAN YANG FITRI”

Awesome Image

“Barang siapa yang gembira dengan datangnya bulan Ramadhan Allah haramkan tubuhnya masuk ke dalam neraka” itulah hadist yang sering kali kita dengar di kalangan umat Islam yang menunjukkan bahwa kemuliaan di bulan Ramadan adalah sangat luar biasa, sampai saat ini banyak orang yang menyambutnya dengan bergembira sekali baik disambut dengan dengan menggunakan pawai, pengajian umum, lomba - lomba dan lain sebagainya untuk menyemarakkan datangnya bulan yang sangat mulia yakni bulan Ramadhan.

Dengan datangnya bulan suci Ramadan menyadari bahwa menyambut kedatangan bulan Ramadan adalah merupakan sebuah kebaikan. Dengan berbagai kegiatan salah satunya yang diadakan oleh SMP Al Falah Surabaya adalah dengan cara pawai bersama dan lomba – lomba untuk menyemarakkan bulan suci Ramadan yang yakni dikemas dengan orasi dakwah di sepanjang jalan dan menyampaikan sebuah  dakwah kegembiraan sekaligus menyebarkan jadwal imsakiyah  dan pembagian kurma agar bermanfaat dalam melaksanakan puasa sebulan penuh dan kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi kelas 7, 8 dan 9. Seluruh siswa yakni berjalan santai mengelilingi masyarakat sekitar sekolahan mulai dari jalan marmoyo lanjut ke jalan Darmo kali dilanjutkan ke jalan Progo hingga menuju ke SMP Al Falah  Surabaya dan juga untuk para guru mengondisikan para siswa agar benar-benar terlihat rapi dan kompak dalam melaksanakan kegiatan pawai.

Setelah masuknya bulan suci Ramadan yakni sesuai dengan firman Allah subhanahu wa ta'ala sebagaimana pada surat al-baqarah ayat 183 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. Nah, penjelasan dari ayat tersebut bahwasanya berpuasa di bulan Ramadan ditunjukkan agar umat Islam mendekatkan diri kepada Allah mematuhi seluruh perintahnya dan menjauhi segala larangannya, mengutamakan kebajikan dan menjauhi Angkara murka dan  bahwasanya bukan hanya mampu meningkatkan dakwah kepada Allah namun juga pula mengendalikan empat hawa nafsu dalam diri sendiri sehingga keseimbangan tubuh dan agar dapat menciptakan suasana tenang tentram dan damai ini saya terwujud bertaqwa kepada Allah SWT.

Setelah melewati keringnya dahaga tenggorokan, kempesnya perut dikala siang hari dan menahan segala sesuatu yang kita inginkan saat bulan kemuliaan, lalu agenda tradisi halal bihalal merupakan suatu acara yang digelar untuk bertujuan silaturahmi saling bermaaf - maafan yang diadakan saat hari raya idul Fitri. Acara ini sangat melekat dan sudah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat Indonesia khususnya keluarga besar  SMP Al Falah Surabaya, ini biasanya kami lakukan untuk berkunjung atau bersilaturahmi ke warga sekitar sekolah, dilakukan dengan secara berkelompok kemudian kami juga membawakan bingkisan kue dan dibawakan tiap kelompok untuk bertujuan membawakan kepada rumah-rumah warga yang kami kunjungi. Tujuannya agar kita saling berbagi warga sekitar harus saling memaafkan saling berlapang dada atas kesalahan yang pernah dilakukan apalagi di lingkungan sekolah tidak jauh yang namanya kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa-siswi SMP Al Falah Surabaya. Untuk itu dengan acara tradisi tahunan ini agar siswa-siswi mampu menjalin ukhuwah islamiyah kepada sesama muslim sehingga tercipta sebagai umat yang berakhlaq mulia.



Narator : Wawan Setiawan, S. Pd., M.Pd (Guru PJOK SMP Al Falah Surabaya)

Prev Next

Komentar

Belum ada komentar, jadilah pertama untuk berkomentar

Tinggalkan Komentar



keyboard_arrow_up